Inspirations

Bagaimana Jika Toko Online Saya floristtodo.com, Berubah Menjadi Kenyataan?

floristtodo-com

Saya rasa tidak ada yang salah dengan sebuah atau bahkan banyak mimpi. Semua orang berhak memiliki cita-cita. Dan salah satu cita-cita saya adalah menjadi seorang creativepreneur. Nah loh, apa lagi tuh creativepreneur, apa bedanya dengan entrepreneur?

Seorang creativepreneur menjadikan kreatifitas sebagai dasar untuk memulai konsep bisnisnya, kemudian mengeksekusinya menjadi bisnis nyata. Sedangkan entrepreneur menurut KBBI didefinisikan sebagai orang yang pandai atau berbakat mengenali produk baru, menyusun cara baru dalam berproduksi, menyusun operasi untuk pengadaan produk baru, mengatur permodalan operasinya, serta memasarkannya.

Ketertarikan saya untuk memantapkan diri menjadi seorang creativepreneur adalah karena sebuah bunga. Apa yang akan kamu lakukan jika dihadapkan dengan bunga? Mungkin, hal pertama yang akan kamu perbuat adalah memetiknya dan memberikan pada orang yang kamu sayang. Pernah terpikirkah untuk membuat toko bunga sendiri? Atau sekedar membuat kerajinan tangan dengan bermodalkan sebuah bunga? Inilah yang ada dipikiran saya beberapa bulan belakangan. Saya ingin membuka sebuah toko bunga online yang bisa menjual banyak macam bunga yang dibutuhkan oleh semua kalangan. Seorang creativepreneur diharuskan untuk terus berinovasi serta peka terhadap potensi lingkungan.

Apalagi di kota tempat saya tinggal, bunga anggrek menjadi ikon yang sudah sangat popular. Lalu mengapa saya hanya berdiam diri saja melihat hal demikian? Maka yang harus saya lakukan selain menggali ide untuk mejadi seorang creativepreneur, adalah dengan mengembangkan networking serta menjalin kerjasama yang baik dengan beberapa penjual bunga.

Jadi, bunga akan ada ketika ada pesanan. Ini untuk menghindari adanya bunga yang tidak terpakai dan justru malah terbuang.

***

Setelah itu, untuk membuat sebuah toko online, tentunya saya harus tahu bagaimana cara membuat website yang akan bekerja mewakili saya dalam menawarkan produk. Apalagi produk yang saya ingin jual adalah bunga, yang notabene adalah benda hidup yang mudah layu.

Tidak bisa dipungkiri jika membuat website sendiri saat ini mudah dilakukan. Coba deh kamu searching sama mbah Google, bagaimana cara membuat sebuah website atau blog secara gratis, pasti akan banyak muncul laman yang menyediakan layanan membuat web tak berbayar.

Ini sih sesuai dengan kebutuhanmu ya. Mau berbayar atau gratisan disesuaikan dengan konten yang akan kamu buat. Termasuk saya, yang tujuan membuat website adalah untuk membuat sebuah e-commerce.

***

Tetapi jika kamu menginginkan sebuah website gratis tentunya harus mengikuti syarat dan ketentuan yang ada, yang paling jelas adalah adanya embel-embel produk website yang kita pakai. Nah karena tujuan saya adalah untuk berjualan, alangkah baiknya jika membuat website yang berbayar saja. Akan terlihat lebih trust kan?

Setelah googling disana-sini, saya menemukan sebuah perusahaan penyedia layanan domain. DomaiNesia adalah penyedia SSD Cloud Hosting Indonesia Terbaik untuk Beli Domain Murah dan Hosting Murah, Fitur Lengkap, Performa Cepat, dan Aktivasi Kilat.

instantdeploy
domainesia

Apa sih yang bisa kita kembangkan disana?

Tentunya lebih banyak. Di bagian home kamu bisa menemukan berbagai app favorit sesuai kebutuhanmu. Kamu tinggal pilih mau yang mana. Yang saya beri contoh adalah kategori toko online. Saya rasa, penjelasan yang ada mengenai domainesia sudah jelas di bagian beranda. Tapi jika kamu masih bingung, berikut contoh FAQ nya.

Apakah domain memiliki fasilitas Managed DNS?

Ya. Seluruh domain yang ada pada layanan kami dilengkapi dengan fasilitas DNS management.

Apakah terdapat fitur Private Whois?

Setiap domain terdapat fitur Private Whois secara opsional, kecuali domain .us dan domain ID

Berapakah biaya perpanjangan domain setelah tahun pertama?

Biaya perpanjangan serta transfer domain
 murah dapat dilihat di daftar harga

Apakah domain mempunyai fasilitas Domain Forwarding?

Ya, Domain dapat diarahkan ke alamat URL lain

Apakah saya akan mendapatkan kontrol panel?

Setiap domain memiliki kontrol panel, domain .ID memiliki kontrol panel terpisah dengan TLD lain.

Apakah domain dapat digunakan untuk Blogger atau WordPress?

Domain dapat dihubungkan dengan blog WordPress, Blogger, Tumblr dengan Managed DNS

“We believe that open Internet can bring a better world, that everyone can create their own website without hassle, and by owning a piece of the internet, everyone should be entitled with their own thoughts and ideas, and we are passionate about being part of it”

***

Percaya atau tidak, jika mimpi, keberanian, usaha serta ditambahkan dengan the power of internet or social media, apa yang kamu inginkan bisa menjadi kenyataan. Karena usaha tanpa daya promosi yang kuat pun bisa kandas di tengah jalan. Menyadari akan kebutuhan ini, jadi sangat diperlukan sebuah website. Tentunya saya ingin produk saya semakin dikenal meluas di masyarakat.

Jadi begini, sesuai dengan penjelasan yang ada di laman domainesia;

Ibarat membeli rumah di komplek perumahan, tentunya anda harus memesan kapling terlebih dahulu agar dapat mendirikan suatu bangunan. Terdapat beberapa kapling yang dapat anda pesan. Begitu juga dalam jaringan internet. Terdapat hosting, website, domain dan SSL yang direpresentasikan sebagai kapling, bangunan, nama bangunan, dan pengaman pada suatu komplek perumahan.

Domain merupakan alamat dari bangunan anda. Secara teknis, domain merupakan alamat yang menuju ke lokasi hosting anda. Biasanya dalam bentuk www.domainanda.com

Hosting merupakan suatu tempat untuk menyimpan data. Dalam bentuk tulisan, gambar atau video yang nantinya akan dikemas dalam suatu bentuk yang dinamakan website. Ibarat kapling yang merupakan suatu bagian tanah yang sudah dipetak-petak dengan ukuran tertentu yang akan dijadikan bangunan atau tempat tinggal.

SSL atau Secure Socket Layer merupakan jalur yang berfungsi sebagai pengaman website. SSL akan membuat suatu jalur yang terenkripsi antara server dan web browser pada sisi user. Sehingga, pada saat user mengakses website, maka data dapat terkirim dengan aman.

Website diibaratkan seperti bangunan yang berdiri di atas kapling (hosting). Website merupakan suatu bentuk tampilan atau halaman yang berisikan informasi data dalam bentuk tulisan, gambar atau video.

Sekarang ini, dunia digital menjadi salah satu faktor penting dalam menentukan keberhasilan sebuah usaha. Dan dengan bantuan dari domainesia, mind mapping saya semakin tergambar jelas. Jika saya saja sudah berani membuat inovasi dengan floristtodo.com, sudahkah kamu berani bermimpi dan mewujudkannya?

***

 

 

 

Leave a Reply

